oleh

851 Nakes Belum Vaksin Tahap Pertama

ARGA MAKMUR – Dinas Kesehatan Bengkulu Utara (BU) akan melaksanakan vaksinasi tahap kedua. Ini khusus bagi mereka yang sudah menerima vaksin tahap pertama dua minggu lalu termasuk Bupati BU Ir. H Mian dan jajaran pejabat utama daerah, Rabu (17/2/2021).

Sementara itu, dari 2.263 nakes dan pejabat utama daerah yang sudah mendaftar dan siap dilakukan vaksinasi tahap pertama lalu, ada 851 penerima vaksin yang belum divaksin. Mereka rata-rata ditunda ataupun batal dilakukan vaksin lantaran kondisi kesehatan seperti penyakit bawaan dan kontradiktif dengan vaksinasi.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Ujang Ismail, SKM, M.Ph menuturkan, jika vaksinasi tahap pertama terus dilakukan. Termasuk jika nanti vaksinasi tahap kedua sudah berjalan terutama mereka yang hanya dilakukan penundaan vaksinasi tahap pertama.

Baca Juga  Badan POM Diminta Dorong Pengembangan Vaksin Nusantara

“Jadi tetap mereka yang sudah terdaftar kapan saja bisa melakukan vaksinasi tahap pertama. Jika memang kondisi kesehatan sudah memungkinkan masing-masing,” katanya.

Sebanyak 1.411 nakes dan pejabat utama daerah akan dilakukan vaksinasi tahap kedua Rabu mendatang. Vaksinasi tetap disebar ke masing-masing Puskesmas tempat nakes melakukan vaksinasi tahap pertama, sedangkan untuk pejabat utama daerah akan dilakukan vaksinasi di RSUD Arga Makmur.

“Kita sudah siapkan semua untuk vaksinasi tahap kedua, sekaligus vaksinasi tahap pertama bagi 851 nakes yang mengalami kendala sesuai jadwal pertama,” terangnya.

Baca Juga  11 Rumah Terbakar, Petugas Pemadam Kebakaran Tewas

1.411 nakes dan pejabat utama daerah yang sudah menerima vaksinasi tahap pertama juga sudah dilakukan pemantauan kesehatan sejak dua minggu belakangan ini. Mereka dinyatakan siap mengikuti vaksinasi tahap kedua lantaran dalam kondisi sehat dan tidak ada gejala alergi usai vaksinasi.

“Harapan kita semua nakes dan pejabat bisa mengikuti vaksin tahap II tepat waktu,” ujarnya.

Disisi lain, setelah tuntas vaksinasi nakes.  Pemkab BU akan menunggu vaksinasi untuk tahapan pekerjaan yang berinteraksi dengan masyarakat umum seperti TNI, Polri dan pekerja lainnya. Ini merupakan vaksinasi tahap kedua sebelum dilakukan vaksinasi masa untuk seluruh masyarakat umum.

Baca Juga  Sinergi Sucofindo dan Indonesia Halal Lifestyle Center Untuk Membangun Ekosistem Industri Halal

“Kita berharap untuk prosesi vaksinasi nakes ini lancar, sehingga berikutnya bisa dilakukan untuk pekerja yang berinteraksi dengan masyarakat umum, terutama TNI dan Polri,” katanya.

Mengenai teknis pelaksanaan vaksinasi periode kedua ini Dinkes BU masih menunggu teknis dan jadwal pelaksanaan. Termasuk kapan kemungkinan vaksin tersebut dibagikan ke daerah.

“Jika semua tahapan vaksinasi lancar dan sesuai dengan jadwal awal. Akhir Desember semua masyarakat sudah menerima vaksin untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus Corona,” pungkas Ujang. (*/cr1)

Sumber: bengkulu.siberindo.co

News Feed