oleh

Ada 15 SPKO yang Diserahkan Kesbangpol ke Belasan Ormas

PEKANBARU – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, sepanjang 2021 ini telah menyerahkan Surat Pencatatan Keberadaan Organisasi (SPKO) ke belasan organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Sudah ada sekitar 15 sampai 20 SPKO yang kita serahkan ke organisasi kemasyarakatan seperti yayasan, LSM dan paguyuban,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga  Subsay, Kampung di Dataran Warmare yang Layak Dimekarkan

Disampaikannya, untuk bisa mendapatkan SPKO, ormas bersangkutan mesti mengajukan surat permohonan pendaftaran organisasi ke Kesbangpol.

“Permohonan yang masuk, kemudian kita lakukan verifikasi berkas untuk memastikan administrasinya lengkap seperti terdaftar di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia),” ungkapnya, dilansir dari pekanbaru.go.id.

Setelah berkas administrasi dinyatakan lengkap, lanjut pria yang akrab disapa Bang Zoel ini, pihaknya akan melanjutkan dengan peninjauan lapangan ke sekretariat ormas yang bersangkutan.

Baca Juga  Mulai 6 Mei Posko Pengaduan THR Dibuka

“Jadi ormas tersebut harus memiliki sekretariat dan pengurusnya lengkap. Kemudian di sekretariat harus ada lambang Garuda, bendera merah putih, foto presiden dan wakil presiden, serta foto kepala daerah,” paparnya.

“Kalau semuanya lengkap, baru kita berikan surat pencatatan keberadaan organisasi,” ulas mantan Kepala Badan Satpol PP dan Linmas Kota Pekanbaru ini. (*/cr1)

Baca Juga  Perkumpulan Urang Banten (PUB) Rancang Lembaga Masyarakat Adat Banten

News Feed