oleh

Hasil Sensus Penduduk 2020 di Gelar Secara Virtual

LEBAK – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Rilis Bersama Hasil Sensus Penduduk (SP) 2020 dan Data Administasi Kependudukan 2020 secara virtual.

Dalam hal ini Pemkab Lebak melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Dede Jaelani yang didampingi Asisten Daerah Administrasi Umum Setda Lebak dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Lebak mengikuti Rilis Hasil SP2020 tersebut secara virtual. Bertempat di Lebak Data Centre, Kamis (21/01/2021).

Baca Juga  Goong! Bazaar dan Festival Ramadhan 1442, Ramadhan Tiba, Ekonomi UKM Bangkit, Resmi Dibuka

SP2020 ini adalah sensus penduduk pertama yang memanfaatkan data administrasi kependudukan (Adminduk) dari direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai data dasarnya.

Dalam rilisnya Sekretaris jendral Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori mengatakan bahwa rilis bersama data kependudukan ini merupakan tindak lanjut dari selesainya SP Tahun 2020 yang telah dilaksanakan, beliau menambahkan bahwa ini kali pertama dilaksanakannya rilis bersama sebagai wujud koordinasi dan kolaborasi instansi pemerintah dalam mewujudkan satu data yang diawali dengan satu data kependudukan.

Baca Juga  Akbar Tandjung: Kematangan Azis Syamsuddin Modal Besar Bagi Kemajuan Kosgoro dan Golkar

“Dasar penggunaan data kependudukan sebagai basis SP 2020 sesuai pasal 58 ayat (4) UU24/2013 digunakan untuk semua keperluan antara lain pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi dan penegakkan hukum serta pencegahan kriminal,“ Ungkap Sekjend Kemendagri Tersebut.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik RI Suhariyanto dalam paparannya mengatakan bahwa pada level nasional jumlah penduduk hasil SP2020 sudah selaras dengan data Adminduk. Pada tingkat provinsi, perbedaan jumlah penduduk antara hasil SP2020 dan data Adminduk merupakan gambaran banyaknya penduduk yang melakukan perpindahan, baik untuk keperluan bekerja, sekolah, maupun alasan lainnya.

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 Massal untuk Insan Pers akan Dihadiri Presiden

Kemudian, Kepala BPS dan Sekjend Kemendagri bersama-sama merilis hasil SP2020 dan mengumumkan bahwa pada September 2020 jumlah penduduk Indonesia sebanyak 270.203.916 jiwa. (*/cr1)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed