oleh

Ibu Hamil Terkonfirmasi Positif Covid-19 Diisolasi Terpusat

BANYUMAS – Para ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 diminta untuk menjalani isolasi terpusat di Hotel Tiara Banyumas. Dengan demikian, kondisi kesehatan mereka dan janinnya dapat dipantau lebih intensif oleh tenaga kesehatan yang bertugas.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, menjelaskan, hanya ibu hamil dengan gejala ringan hingga sedang yang akan diisolasi di Hotel Tiara. Para ibu hamil dengan gejala Covid-19 tingkat berat akan langsung dirawat di rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Baca Juga  Seleksi Nasional Menuju Asean Beach Games 2021

“Ini karena kemarin kecenderungan ibu hamil itu fatality-nya meningkat sehingga kami inisiatif bahwa khusus ibu hamil ini kita buat isolasi terpusat di sini, di Hotel Tiara,” kata Bupati Husein, di Hotel Tiara, beberapa waktu lalu.

Selain itu, imbuhnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas diminta untuk melakukan tes antigen bagi seluruh ibu hamil di Banyumas. Jika hasil tes antigennya positif namun tidak ada gejala yang muncul maka ibu hamil tersebut harus menjalani isolasi mandiri, dengan kondisi tempat isolasi yang memenuhi syarat. Namun, jika muncul gejala pada saat pelaksanaan isolasi mandiri, pasien akan langsung dikarantina di Hotel Tiara.

Baca Juga  PTBA Dukung Program 100 Gerobak Peduli UMKM Terdampak Covid, Kerjasama SMSI Sumsel dan FSPSSPTBA

Menurut bupati, Hotel Tiara dipilih karena letaknya cukup strategis, yakni di tengah kota dan dekat dengan fasilitas kesehatan. Beberapa fasilitas telah disiapkan, antara lain 125 unit tempat tidur, relawan kesehatan, dan kunjungan berkala dari petugas kesehatan.

“Jadi, saya minta kepada ibu-ibu hamil yang ada di Banyumas kalau memang terkena Covid-19 jangan ragu, jangan takut lapor, nanti dibawa ke sini, menyenangkan. Ini dalam rangka menyelamatkan ibu hamil,” lanjutnya menegaskan. (*/cr1)

Baca Juga  Insan Media Didorong untuk Ikut Serta dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Sumber: jatengprov.go.id

News Feed