oleh

PMI Pusat Serahkan Bantuan Dua Unit Alat Konsentrator Oksigen untuk PMI Purbalingga

PURBALINGGA – Sebanyak dua unit alat konsentrator oksigen dan dua ribu lembar masker kain diterima Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga dari PMI Pusat, Selasa (17/8/2021). Selain bantuan alat tersebut, PMI Purbalingga Pusat juga menerima bantuan peralatan tabung oksigen dari PMI Provinsi Jawa Tengah.

Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said, mengungkapkan, peralatan konsentrator oksigen tersebut merupakan sumbangan dari organisasi palang merah (red cross) Singapura. Peralatan yang menghasilkan oksigen tanpa harus mengisi ulang itu selanjutnya didistribusikan ke Markas PMI di seluruh Indonesia.

Baca Juga  BKPM Gandeng HIPMI Fasilitasi Kemitraan Investor Besar dengan UMKM

Sudirman berharap peralatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu penanganan Covid-19, termasuk di wilayah Purbalingga.

“PMI memang bukan yang di depan penanganan Covid, tetapi PMI terus mendukung tenaga medis dan para pihak dalam penanganan Covid,” kata Sudirman.

Ditambahkan, pemberian bantuan dari Singapura tersebut merupakan wujud kepercayaan negara lain terhadap PMI. Oleh karena itu, seluruh jajaran PMI diharapkan dapat menjaga reputasi baik PMI.

“PMI bisa hidup jika masyarakat percaya. Oleh karenanya mari kita jaga reputasi PMI yang sudah baik mulai dari tingkatan bawah hingga pusat. Reputasi tidak hanya di Indonesia saja, tetapi di dunia internasional,” katanya.

Baca Juga  KBRI Seoul Tayangkan Food Unites People and Nations Secara Virtual

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Purbalingga, Drg Hanung Wikantono, mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan PMI Pusat dan PMI Jateng atas bantuan peralatan untuk penanganan Covid. Pihaknya juga menyampaikan beberapa fasilitas lain yang dibutuhkan demi melayani masyarakat.

“Menjelang musim kemarau, kami juga masih membutuhkan truk tangki air guna membantu warga masyarakat yang kekurangan air bersih. Kami telah dipinjami tangki oleh PMI Jateng, dan sangat bermanfaat,” kata Hanung.

Baca Juga  Layanan KB Gratis Tetap Buka di Fasyankes Kota Pekalongan

Terkait penanganan Covid-19, imbuhnya, PMI Purbalingga melalui Unit Donor Darah, sejak Bulan Februari 2021 telah ikut berpartisipasi dalam pemenuhan kebutuhan plasma konvalesen. Metode yang digunakan masih konvensional dengan mengolah darah utuh (whole blood) dari para penyintas Covid-19 menjadi komponen-komponen darah.

“Selanjutnya diolah  dengan alat refrigerator centrifuge, sehingga menghasilkan komponen trombosit, packed red cell (PRC), dan plasma darah yang mengandung antibodi sel Covid-19,” kata Hanung. (*/cr1)

Sumber: banten.siberindo.co

News Feed